Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Banyaknya pekerjaan terkadang menciptakan kita hendak ‘kabur’ untuk segera merasakan liburan.


Tetapi, padatnya jadwal kegiatan harian pasti membuat anda tidak leluasa untuk berlibur, lagipula bila libur sudah berakhir terpakai dan tabungan uang telah habis dipakai untuk melakukan pembelian barang keperluan lain.

Setiap tahun tentu ada momen cuti panjang sampai-sampai kita memiliki peluang untuk menikmatinya.

Entah tersebut liburan akhir tahun, jeda pertengahan tahun, atau hari-hari mepet laksana long weekend, masing-masing tahun tentu ada saja cuti panjang yang menciptakan kita dapat lepas dari kegiatan harian walau untuk sedangkan waktu.

Nah, untuk merasakan hari libur, traveling menjadi di antara kegiatan kesayangan yang sering dilaksanakan oleh banyak sekali orang, barangkali Anda juga begitu.

Tips Biar Bisa Traveling Setiap Tahun

Biar dapat traveling masing-masing tahun, apa yang bakal Anda lakukan? Tentu menciptakan perencanaan, baik itinerary atau budgeting mesti jelas sebelum bepergian. Berikut sejumlah tips yang dapat Anda kerjakan biar dapat traveling masing-masing tahun:

I. Menyusun Rencana Perjalanan (Itinerary)

Nah berangkat dari sini, usahakanlah membuat rencana perjalanan yang menyeluruh dan terarah, mulai dari waktu sampai di mana dan pekerjaan apa saja yang akan dilaksanakan selama traveling.

1. Tentukan Waktu Traveling

Pertama-tama, periksa kalender Anda. Dari tanggal berapa sampai tanggal berapa Anda dapat berlibur? Berapa hari yang kita punya untuk berlibur? Tetapkan tanggal yang tepat dan berapa lama masa-masa yang kita miliki untuk berlibur.

Dengan memahami jumlah hari cuti yang dimiliki, kita kemudian dapat menilai berapa hari Anda bakal traveling dan menilai destinasi traveling, entah tujuan wisata yang jauh atau yang dekat-dekat saja.

Kemudian kita juga dapat menilai waktu embarkasi dari jauh-jauh hari sebelum hari H, sampai-sampai Anda dapat membuat perencanaan untuk kebutuhan lain.

Anda pun harus dapat menilai kapan mesti pulang, sampai-sampai tiket moda transportasi dapat dipersiapkan lebih awal. Bila perlu, siapkan tiket untuk embarkasi dan pulang.

2. Tentukan Destinasi Traveling

Bila sudah memahami berapa hari cuti yang kita miliki, Anda lantas harus menilai tujuan traveling.

Bila mempunyai hari cuti sekitar seminggu lebih, Anda dapat traveling antar-pulau atau bahkan ke luar negeri sampai-sampai waktu yang kita miliki lebih lumayan dan traveling dapat Anda nikmati dengan lebih memuaskan.

Atau sebaliknya, bila liburan hanya sebentar, selama tiga hari, kita tetap dapat traveling walau di tujuan yang dekat-dekat saja, asal liburan dapat dinikmati lebih memuaskan.

3. Rangkum Itinerary Anda

Berapa lama masa-masa yang kita miliki untuk berlibur? Berapa ongkos yang dibutuhkan? Bila kita berencana untuk traveling ke suatu tujuan yang belum pernah dikunjungi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Buatlah susunan destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi beserta timeline-nya, dan cari tahu berapa ongkos untuk masing-masing pekerjaan di sana.

Di masing-masing destinasi, pekerjaan apa saja yang bakal Anda kerjakan dan bagaimana rincian biayanya. Belum lagi ongkos menginap transportasi, jajanan di jalan, oleh-oleh dan sebagainya.

Bila Anda mengekor open trip atau tour malah lebih baik lagi karena seringkali sudah diurus oleh pihak manajemen/panitia.

II. Mempersiapkan Dana (Budgeting)

Setelah Anda merangkai rencana perjalanan (itinerary) dengan baik, selanjutnya yang kita perlukan ialah mempersiapkan dana untuk merealisasi itinerary tersebut, tergolong mempersiapkan dana terpaksa bila terjadi sesuatu di luar sangkaan sehingga memerlukan dana untuk menyelesaikannya.

Berikut sejumlah langkah yang dapat Anda terapkan supaya bisa traveling masing-masing tahunnya.

1. Hemat
tips mengeloa pinjaman - dana pinjaman

Rencana Anda barangkali sudah paling matang, dan nominal ongkos untuk perjalanan Anda telah ditentukan. Sekarang, bagaimana caranya supaya nominal tersebut dapat terpenuhi?

Baca Juga: Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda

Berhemat adalahsalah satu pilihan yang dapat Anda lakukan untuk menjangkau target tersebut.

Biar dapat berhemat, usahakanlah membedakan budget untuk kebutuhan sehari-hari dengan budget beda khusus untuk kebutuhan yang tidak terlampau mendesak. Setelah itu, baca pun tips berhemat ini.



2. Menabung

Agar dapat mencapai target dana dengan cepat, mulailah menyimpan uang dengan duit yang telah dihemat tadi.

Baca Juga: Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Jika bisa, buat tabungan khusus dan kumpulkan sisa dana yang sebelumnya telah dihemat atau dari sekian persen gaji Anda masing-masing bulan ke dalam tabungan tadi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Berinvestasi Sekarang

Misalnya, 20% dari gaji kita disisihkan untuk ditabung. Contoh, gaji Anda masing-masing bulan ialah Rp 6 juta, jadi:

20% x Rp 6 juta = Rp 1,2juta 
Jadi sejumlah Rp 1,2 juta yang dapat Anda kumpulkan masing-masing bulannya.

Bila budget yang kita butuhkan ketika traveling nanti ialah sebesar Rp 5 juta, maka:

5/1,2 = 4,16
=> tidak cukup lebih sekitar 4 bulan kita sudah dapat mencapai target dana untuk traveling ketika liburan nanti.

3. Berinvestasi di Bank
investasi 100 ribu Bank

Untuk menjangkau suatu target keuangan, tergolong untuk ongkos traveling, menabung tersebut tetap perlu.


Namun, nilai dana yang ditabung dapat saja tergerus secara perlahan, lagipula Anda memakai jasa perbankan untuk menabungnya, yang notabene terdapat ongkos administrasi yang dikenakan bank yang dicukur dari simpanan Anda.


Nah, supaya nilai duit Anda dapat konsisten seturut waktu, bahkan nominalnya bertambah, kita juga dapat berinvestasi.

Di Bank, dalam setahun, Anda dapat mendapatkan bunga efektif sebesar 18% dari nominal simpanan Anda.


Katakanlah kita menginvestasikan dana sebesar Rp 5.000.000 di Bank dengan tingkat pembiayaan yang tinggi, dalam 1 tahun Anda dapat mendapatkan total Rp 5.840.000.

Jadi contohnya Anda hari ini mengerjakan investasi Rp 5.000.000, tepat satu tahun ke depan Anda bakal mendapatkan pengembalian total sebesar Ro 5.840.000. Tentu paling menguntungkan untuk budget traveling Anda, bukan?


Nah, ketimbang Anda tidak mempedulikan uang diam di dalam simpanan yang malah membuat nominalnya berkurang seturut waktu, lebih baik kita menginvestasikannya di Bank yang mempunyai tenor masa-masa dari 6 bulan, 12 bulan, 18 sampai 24 bulan.

Anda bahkan bisa mengerjakan investasi di Bank mulai dari nominal Rp 100.000 dengan peluang untuk mendapatkan deviden yang lebih maksimal.

Penutup
Dengan begitu, Anda dapat traveling masing-masing tahun dengan perencanaan yang baik dari sisi itinerary maupun budgeting.

Anda kemudian dapat bersantai sejenak sampai-sampai terlepas dari kegiatan harian yang sekitar ini barangkali membelenggu.

Nah, supaya Anda dapat mempersiapkan dana traveling dengan lebih matang, cobalah mengerjakan investasi di Bank. Tertarik untuk memulai?