Kuliner Nikmat yang Wajib Anda Nikmati Saat ke Bangka Belitung Dengan Belitung Tours

Kuliner Nikmat yang Wajib Anda Nikmati Saat ke Bangka Belitung Dengan Belitung Tours

Kalau pergi berlibur, Anda pasti akan mampir untuk menikmati kuliner-kuliner nikmat disana. Banyaknya kuliner nikmat disana akan membuat Anda ketagihan dan jadi ingin menikmati kuliner di tempat tujuan liburan Anda. Liburan memang tidak terasa lengkap jika tidak mencicipi kuliner nikmat di tampat liburan Anda. Apakah saat ini, Anda telah merencanakan liburan? Jika belum, Anda dapat mencoba berlibur ke Bangka Belitung dan sekaligus mampir ke Bangka Belitung menikmati wisata indah disana. Gunakan paket tour Bangka Belitung atau travel Bangka Belitung jika ingin ke Bangka Belitung. Tetapi Anda dapat menggunakan jasa travel Belitung Tour jika ingin ke Bangka Belitung dan mencicipi kuliner nikmat disana. 

Beberapa tempat di Bangka Belitung khususnya di Belitung terdapat banyak kuliner-kuliner nikmat yang dapat Anda cicipi. Berbagai kuliner nikmat itu akan memuaskan rasa lapar Anda sekaligus akan membuat Anda ketagihan mau lagi dan lagi. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner nikmat di Belitung, berikut beberapa referensi nama kuliner nikmat yang dapat Anda nikmati saat ke Belitung, Bangka Belitung:

1. RM Timpo Duluk

Tempat wisata kuliner pertama yang dapat Anda kunjungi saat ke Belitung adalah RM Timpo Duluk. Nah, ini pun tempat santap yang populer. Banyak artis pernah santap disini. Nama rumah santap ini Timpo Duluk. Kuliner yang ditawarkan disini ialah masakan otentik Belitung. Kalau tidak salah RM. Timpo Duluk ini pun ada di deretan teratas review tempat santap di Trip Advisor loh. 

Kami memesan berego, kangkung belacan dan tenggiri bungkus daun simpor. Berego ini serupa dengan kwe tiaw namun ukuran mie nya dua hingga tiga kali lebih besar, lalu guna menikmatinya anda harus menyiramkan kuah kuning santan dengan ikan. Rasanya gurih dan asin.

Berdasarkan keterangan dari saya yang enak disini ialah tenggiri bungkus daun simpornya. Unik, otentik dan ternyata lezat pun ! Rempah-rempahnya berasa dan masuk sampai ke dalam daging tenggiri. Sebenarnya, best seller disini ialah menu bedulang, guna berdua dan berempat namun kami tidak memesan tersebut karena menipisnya duit kami hehehe...

2. Mie Belitung Atep

Tempat wisata kuliner yang dapat Anda kunjungi berikutnya jika ke Belitung adalah Mie Belitung Atep. Ini barangkali kuliner yang sangat populer di telinga semua wisatawan yang hendak melancong ke Belitung. Kami juga mencoba menyantap mie yang paling terkenal ini. Lokasi warungnya pun terletak di sekitar Monumen Batu Satam, berjejer mobil besar (elf) tidak jarang terlihat di depan warung ini. Banyak memang operator tur dan travel menyertakan Mie Belitung Atep ke dalam itinenary semua kliennya. Tempat santap ini buka di pagi - malam hari.

Kami memesan mie dan es jeruk kunci. Mie belitung memiliki komposisi mie, emping, tahu, kentang, timun, udang. Komposisi itu lalu diguyur kuah udang yang memiliki citarasa gurih. Berdasarkan keterangan dari saya, ini enak ! saya pernah menjumpai mie semacam ini di Wonosobo. Berdasarkan keterangan dari saya ini sekilas serupa Mie Ongklok, namun mie onglok lebih kental dan bercitarasa manis, sementara mie Atep ini lebih bercita rasa gurih.

Oiya, satu urusan yang jangan dilupakan yakni Es Jeruk Kunci. Di luar negeri, jeruk kunci ini dikenal dengan nama Kalamanchi. Katanya, jeruk kunci ini memang oleh-oleh khas Belitung, namun Sirup Jeruk Kunci yang biasa terdapat di toko oleh oleh rasanya bertolak belakang jauh dengan yang segar. Oleh sebab itu, tidak boleh lupa cobain es Jeruk Kunci yang segar ya ! gak nyesel pasti.

3. Warung Kopi Belitung

Jika ingin menikmati hangatnya kopi yang khas bisa dibilang juga Belitung diberi nama pulau penikmat kopi. Di sepanjang jalan, tidak sedikit warung yang menjajakan kopi. Mayoritas diseduh dengan teknik tradisional, menuangkan kopi bubuk ke suatu gelas wadah, menambahkan air panas yang dimasak memakai arang, mengaduknya perlahan, kemudian menuangkan kopi panas tersebut dan disaring memakai saringan kain supaya kopi tak mempunyai tidak sedikit ampas. Saya mencoba sejumlah warung kopi tetapi melulu memesan menu yang sama supaya bisa menyerahkan perbandingan guna kalian semua.

Saya mengupayakan 3 warkop (warung kopi) yakni, Kong Djie, Warkop Ake, dan Warkop Atet. Warkop Kong Djie barangkali adalahwarung kopi sangat terkenal di Belitung, ia mempunyai tidak sedikit cabang yang menyebar sampai Jakarta dan Jogjakarta. Kalau hendak ke Kong Djie, datanglah ke warung yang paling mula berdiri yakni yang bertempat di dekat Monumen Batu Satam, arah ke Tanjung Pendam. 

Saya memesan kopi susu dan telur separuh matang. Disini kopinya tidak terlampau manis, malah ingin agak ke pahit. Kopinya nendang, ketika dicium, harum kopi dengan gampang merayap masuk ke rongga hidung. Bagi yang suka dengan kopi susu yang tidak terlampau manis, silakan singgah disini. Seporsi kopi susu dan telur separuh matang dihargai Rp. 20.000

Warung kopi kedua yang kami jajaki dan masih berdampingan kopi Kong Djie ialah warung kopi Ake. Lokasinya di ruko dekat dengan Monumen Batu Satam. Disini, rasa kopi susunya lebih manis ketimbang yang terdapat di Warkop Kong Djie. Karena warungnya bertempat di ruko, maka suasanya bersih dan rapi. Pada dinding warung, dapat anda lihat tidak sedikit artis pernah mampir menyesap kopi racikan warkop ini.

Warung kopi ketiga yang saya jajaki dan menurut keterangan dari saya yang sangat enak ialah yang ini, warkop Atet. Walaupun sangat enak, warung ini terletak sangat jauh diantara lainnya. Berlokasi di kota Manggar, Belitung Timur, warung ini berbentuk laksana ruko yang berdampingan dengan pasar Manggar. Berdasarkan keterangan dari saya, kopi susu disini pas, sebanding antara pahit dan manisnya. Warung ini tak pernah sepi, ketika kami kesana, kursi kursi sudah diisi dengan orang yang ngobrol seraya ditemani secangkir kopi hangat.